Tutorial Cara membuat blog Baagian 1 Mengenal Lebih Dalam Tentang Blogspot

Tutorial Cara membuat blog Bagian 1 Mengenal Lebih Dalam Tentang Blogspot


Panduan Mengenal Lebih dalam Tentang Blogpot.com

1. Mengatur Alignment Paragraf
Alignment  Adalah mengatur perataan paragraf. Sama seperti MS Word. Cara mengaturnya adalah sebagai berikut:

  1. Pada post editor,blok paragraf yang akan diatur,Lalu klik menu icon alignment . Pilih perataaan yang ingin di gunakan













2.Terdapat 4 jenis alignment. Di antaranya yaitu : left ( rata kiri ) , center ( rata tengah ), right ( rata kanan ) dan, justify ( rata tengah dan kanan ).
3. Klik Update untuk menyimpan pengaturan.

Cara membuat penomoran

Ada dua macam penomoran yang bisa kita buat di postingan. Yaitu rincian dengan simbol dan penomoran dengan angka. Untuk membuat rincian dengan simbol, berikut cara membuatnya :

1. Pada post editor, Klik pada area teks untuk mulai rincian. Lalu klik menu ikon Bullet list.


















2. Maka secara otomatis akan muncul simbol untuk memulai penomoran. Tuliskan teks,Tekan enter untuk melanjutkan.



















3. Untuk mengahiri rincian, Klik kembali menu ikon Bullet List.  Klik Update untuk menyimpan perubahan.

Untuk membuat penomoran dengan angka

1. pada post editor, klik pada are teks, untuk memulai penomoran. Lalu klik menu ikon Numbered List. Akan muncul angka secara otomatis.


















2. Tuliskan tek, tekan enter untuk melanjutkan penomoran. untuk mengahiri penomoran,Klik kembali menu ikon Numbered List.
















3. Klik Update untuk menyimpan Pengaturan.

Membuat Quote

Quote seringkali digunakan untuk menandai pragraf / tulisan yang dianggap penting. Dengan fitur ini, paragraf akan lebihh menjorok ke dalam sehingga Lebih menarik perhatian. Cara mengaturnya sebagai Berikut:

1. Pada post editor, blok teks / paragraf yang akan dibuat diberi Quote, Lalu Klik menu ikon Quote.
















2. Secara otomatis teks akan menjorok ke tengah, Anda bisa memberi tanda kutip dan melakukan pengaturan teks agar lebih menarik.


Remove Formatting

Remove Formatting adalah menghapus semua pengaturan pada postingan Atau mengembalikan format postingan sebelum dilakukan pengaturan. Berikut caranya:

Pada post editor, Blok teks tekan Ctrl+A Pada keybord untuk memilih semua teks. Lalu klik menu ikon Remove Formatting Maka semua pengaturan teks akan dikembalikan seperti semual.

















Revert to Draft

Revert to Draft  Adalah membuat postingan yangg sudah terpublikasi menjadi status Draft / rancangan. Caranya adalah sebagai berikut:

Pada bagian halaman post editor. Klik menu Revert to Draft. Maka postingan tidak akan tampil di blog. Postingan akan berubah statusnya menjadi Draft atau Rancangan.

Anda bisa menemukan status draft ini melalui menu Post. Di sini akan terdapat daftar postingan . Baik yang sudah dipubikasi atau yang masih draft.

Saat Anda membuat postingan baru, sebelum dipublikasi, Blogger secara otomatis akan menyimpannya sebagai draft.

Membuat Label

Label adalah istilah untuk pengelompokan postingan berdasarkan kategori tertentu, Sebuah postingan bisa kita beri beberapa Label Sekaligus.
Berikut cara membuatnya:

1.Pada bagian sebelah kanan post editor, Klik menu Labels.

2.Masukkan label atau kategori artikel postingan. Anda bisa menandai postingan dengan  beberapa Label sekaligus.  Pisahkan antarlabel dengan Tanda koma.  Contohnya : Tutorial , Blogger, Cara Blogger. Blogger Lenggap. Lalu Klik Done.























3. Klik update untuk memperbaruinya. Maka pada blog. di bagian bawah postingan akan terdapat tanda Label.















Membuat Jadwal Postingan

Kita bisa melakukan publikasi postinngan secara otomatis. Yaitu dengan mangatur jadwal postingan. ini akan bermanfaat ketika  kita sudah mempunyai beberapa artikel dan ingin mempublikasikannya pada waktu yang berbeda. Dengan  membuat Jadwal postingan, sebuah postingan akan terpublikasi sesuai dengan Jadwal tertentu.

Ini berlaku pada postingan yang belum terpublikasi atau statusnya masih draft. jika postingan sudah dipublikasikan, Maka perlu dikembalikan menjadi Draft ( Revert to draft ) .Cara membuat jadwal postingan adalah sebagai berikut:

1. Pada bagian sebelah kanan post editor, Klik menu Schedule . Pilih Set date and time. Tentukan tanggal dan waktu jadwal postingan dipublikasikan secara otomatis. Lalu klik Done





















2. Lalu klik Publish. Maka ponstingan akan muncul di blog sesuai dengan waktu yang telah di tentukan,.

Mengatur Permalink

Permalink adalah istilah untuk alamat web sebuah postingan. Secara default, Blogspot membuat permalink berdasarkan judul blog.Namun kita bisa mengubahnya sesuai yang diinginkan.

Cara mengatur permalink adalah sebagai berikut:

Pada postingan sebelah kanan post editor, Klik menu Permalink. Pilih Custom Permalink. Buat alamat permalink yang diinginkan. Klik done




















Mengatur Location

Mengatur Location  adalah mengatur lokasi tempat yang berhubungan dengan postingan. Cara mengaturnya adalah sebagai berikut:

1.pada bagian sebelah kanan post editor, klik menu Location. Maka akan muncul peta. Temukan lokasi di peta yang berhubungan dengan postingan.

2. Anda bisa mengunakan menu kotak pencarian lokasi. Sebagai tips pencarian, lakukan pencarian secara berurutan :  Cara blogger. Tutorial Blog. Blog Lengkap. Klik Done setelah  melakukan pengaturan lokasi.


















Sampai di sini Dulu setelah ini kita akan menenal blog lebih mendalam.
sekian dan terima kasih.

Baca Juga :
Cara Membuat Blog Dari Awal Hingga Ahir 

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Cara Membuat List Page Blogger